Visi dan Misi


Visi
Menjadi lembaga pendidikan dan riset ilmu-teknologi kebumian, berwawasan kebangsaan,
bermutu internasional.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan riset dengan Kurikulum Berbasis Kompetensi yang mengacu pada standar internasional, guna menghasilkan sumberdaya manusia teknologi mineral yang profesional, memiliki jatidiri semangat kebangsaan, nilai kejuangan, dan kreatif mampu menjawab tantangan global.
  2. Menciptakan produk-produk riset yang diperlukan untuk pengembangan ilmu pengetahuan dan mendukung pembangunan nasional.
  3. Membangun sumberdaya manusia dibidang kebumian, energi dan sumberdaya mineral berwawasan lingkungan yang bertanggung jawab dalam turut serta menjaga kelestarian bumi dan kesejahteraan masyarakat.
  4. Mengembangkan tata kelola fakultas dan meningkatkan manajemen yang transpran dan akuntabel secara berkelanjutan.

Tujuan
Tujuan penyelenggaraan pendidikan FTM adalah sebagai berikut;

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan riset ilmu–teknologi kebumian untuk menunjang pembangunan nasional, kelestarian lingkungan, dan kemakmuran rakyat Indonesia.
  2. Menghasilkan sumberdaya manusia yang cakap, professional, beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, bertanggungjawab, disiplin, kreatif, memiliki semangat kejuangan, berwawasan kebangsaan dan berkepedulian terhadap kesejahteraan masyarakat.
  3. Meningkatkan fungsi dan kualitas Tridharma Perguruan Tinggi secara terus menerus berkesinambungan, guna mewujudkan Visi Fakultas.Program Pendidikan Sarjana, Magister dan Doktoral di Bidang llmu Kebumian diarahkan untuk mampu menghasilkan tenaga bagi pengelolaan sumberdaya mineral dan energi untuk mengisi kebutuhan masyarakat dan negara akan tenaga yang profesional, disiplin, mandiri, peka terhadap perubahan ilmu dan teknologi. Program Pendidikan Sarjana Bidang llmu Kebumian bertujuan untuk menghasilkan warga negara yang berkualifikasi sebagai berikut:
  1. Beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, berjiwa Pancasila dan memiliki integritas kepribadian yang tinggi sebagai sarjana pionir ilmu pengetahuan dan teknologi kebumian.
  2. Menguasai dasar-dasar ilmiah dan ketrampilan dalam bidang ilmu kebumian, sehingga mampu menemukan, menjelaskan dan merumuskan cara penyelesaian masalah yang ada di dalam kawasan keahliannya.
  3. Mampu menerapkan ilmu pengetahuan dan ketrampilan yang dimilikinya sesuai dengan bidang keahliannya dalam kegiatan produktif dan pelayanan kepada masyarakat dengan sikap dan perilaku yang sesuai dengan tata kehidupan bersama.
  4. Mampu bersikap dan berperilaku dalam membawakan diri berkarya di bidang keahliannya maupun dalam berkehidupan bersama di masyarakat.
  5. Mampu mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang merupakan keahliannya.