Program Studi Teknik Lingkungan


Visi

Visi Program Studi Teknik Lingkungan, Fakultas Teknologi Mineral, UPN “Veteran” Yogyakarta adalah menjadi Program Studi Teknik Lingkungan berbasis riset ilmu pengetahuan dan teknologi dalam upaya pelestarian fungsi bumi untuk menghasilkan pionir pembangunan yang professional bermutu internasional di era global dengan dilandasi jiwa bela negara.


Misi

  • Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran bagi peserta didik dari dalam dan luar negeri dalam upaya pelestarian fungsi bumi dengan pendekatan kerekayasaan, guna menghasilkan pionir pembangunan yang profesional bermutu internasional di era global yang dilandasi jiwa bela negara.
  • Meningkatkan kualitas penelitian ilmu pengetahuan dan teknologi dalam upaya pelestarian fungsi bumi melalui pengembangan ilmu pengetahuan serta pemutakhiran teknologi sesuai dengan kondisi teraktual di bidang pertambangan; bidang perminyakan, gas bumi, dan panas bumi; serta bidang pembangunan wilayah dan kebencanaan.
  • Meningkatkan kualitas pengabdian masyarakat di bidang pengelolaan lingkungan hidup guna melestarikan fungsi bumi.
  • Mengembangkan kerjasama dengan berbagai pihak yang terkait dalam lingkup nasional maupun internasional untuk pengembangan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

 

Tujuan

Tujuan penyelenggaraan pendidikan di Program Studi Teknik Lingkungan adalah sebagai berikut :

  • Peningkatan kualitas lulusan yang mampu melestarikan fungsi bumi di bidang pertambangan; perminyakan, gas bumi, dan panas bumi; serta pembangunan wilayah dan kebencanaan guna menghasilkan pionir pembangunan yang profesional bermutu internasional di era global dilandasi jiwa bela negara.
  • Peningkatan kualitas penelitian ilmu pengetahuan dan teknologi dalam upaya pelestarian fungsi bumi melalui peningkatan hasil luaran penelitian sehingga dapat mendukung proses pembelajaran dan pengabdian masyarakat.
  • Membantu meningkatkan pelestarian fungsi bumi di lingkungan masyarakat melalui pengabdian masyarakat di bidang pengelolaan lingkungan hidup.
  • Peningkatan kerjasama dengan berbagai pihak yang terkait dalam lingkup nasional maupun internasional dalam rangka pengembangan di bidang pendidikan, penelitian ilmu pengetahuan dan teknologi, serta pengabdian masyarakat.